FACEBOOK

Web Tour Travel dengan Blogspot ... bisakah ?

Dikarenakan hari ini sedang masa inkubasi flu yang mas rudy alami, akhirnya seharian hanya bisa duduk depan laptop yang menghadap jendela agar tetap segar untuk menghirup udara luar lengkap dengan oksigennya sambil riset keyword populer. Beberapa keyword muncul, namun kemudian mas rudy tertarik dengan keyword tentang travel.

Tentunya sudah banyak website travel populer yang ada saat ini, namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk bersaing dengan web maupun aplikasi travel yang sudah populer tersebut selama sisi pemasaran berjalan dengan efisien.

Namun pada tulisan ini mas rudy ingin menulis tentang blognya google yaitu blogspot untuk disulap menjadi website travel. Karena basisnya blog, tentu saja proses modifikasi blog menjadi website travel lengkap dengan sistem bookingnya tidaklah mudah dan perlu riset lengkap, dan perlu diingat bahwa blogspot hanya memiliki fitur tag atau label untuk memisahkan kategori dan laman / halaman yang bisa digunakan untuk beberapa hal lainnya.

Sedangkan berbicara tentang website travel + booking online + aplikasi booking tiket dan hotel, maka  kita berbicara tentang data, yaitu :
  • data katalog yang menjadi info dan referensi bagi pengunjung dan pengguna yang merupakan calon nasabah. dan
  • data harga yang bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti :
    • database member agency maupun sub agency
    • code API dari keanggotaan. maupun
    • database yang dibuat sendiri dan bersifat dinamis.
  • dan data lainnya, seperti data diri calon nasabah saat bertransaksi, maupun data yang berhubungan dengan proses finansial.
Data ini nantinya harus diproses dalam urutan yang sudah lazim, yaitu :
  1. Memilih dari beberapa alternatif
  2. Melakukan booking,
  3. verifikasi
  4. Pembayaran
  5. Konfirmasi
Kembali ke tema tulisan ini, bisakah data dan proses-proses tersebut dilakukan menggunakan blogspot ?

Bisa, walaupun tidak semudah framework lain yang sudah dilengkapi dengan plugin maupun modul khusus untuk membuat website booking online namun dengan blogspotpun hal ini bisa dilakukan.

Lihat tulisa mas rudy pada blog lama ini.

BLOGSPOT TERBATAS UNTUK PENGEMBANGAN, BENARKAH ?

Tentu saja pada tulisan ini mas rudy tidak akan menguraikan proses pembuatannya karena terlalu panjang, singkatnya adalah :

  • Membuat theme website
  • Menambahkan fitur sortir untuk search dengan memanfaatkan JS code atau JS file, atau menggunakan iframe jika sumber datanya hanya memberikan format jadi yang kita pasangkan melalui iframe
  • Redirect proses ke halaman payment, atau website payment jika menggunakan pihak ketiga untuk proses pembayarannya.
  • Menampilkan halaman invoice dan dokumen booking
  • Mengirim email, lengkap dengan salinan invoice dan bookingnya.
Tulisan ini dibuat karena dulu pernah membuat website tentang travel dan booking tiket menggunakan blog walaupun setelah jalan beberapa waktu minta migrasi ke framework lainnya.

Namun intinya, dengan blogspot pun hal ini bisa dilakukan walaupun tidak lebih mudah.

Thank
0 Komentar untuk "Web Tour Travel dengan Blogspot ... bisakah ?"

Back To Top