FACEBOOK

MEMASANG FORM GOOGLE DI BLOG TANPA IFRAME

Sesuai janji mas rudy tentang memasang form google di blog (lihat disini), maka kali ini mas rudy ingin sedikit saja membahas tentang cara memasang google formulir di halaman blog kita tanpa iframe tersebut. Namun sebelumnya mas rudy juga mengingatkan bahwa sebenarnya tanpa google formulir kita bisa langsung membuat google script dan kita tempelkan langsung di blog, sayangnya fasilitas script google ini sudah mulai dihilangkan oleh google dan beralih dengan menggunakan google formulir, spreadsheet dan lain sebagainya.

CARA PASANG GOOGLE FORM

Baiklah agar tidak membosankan karena dibuat panjang lebar agar (katanya) memenuhi standar artikel SEO, maka mari kita bahas secara langsung. Saya anggap kita semua sudah tahu apa itu google formulir dan sudah membuat formulir Anda dan tinggal masuk ke proses pemasangannya saja. Jika Anda belum membuat, silahkan buat formulir Anda terlebih dahulu.

Sebagai contoh, formulir SURVEY SEDERHANA yang saya buat untuk artikel sebelumnya, kini akan kita pasang di tulisan ini.

Ini adalah tampilah formulir aslinya.

google-formulir

Urutannya :
1, Klik pada tombol "Lihat Bentuk Jadi" (jika dalam bahasa Indonesia)
lihat-bentuk-jadi-form
maka akan terbuka tab baru berupa tampilah form kita, nah sebenarnya formulir ini yang biasa ditempelkan pada halaman blog menggunakan iframe, namun kekurangannya banyak sekali jika kita langsung memasangnya begitu saja ( tidak perlu dibahas saat ini).

2. Kini saatnya kita melihat elemen dari form ini, caranya klik kanan pada formulir tersebut dan klik pada "Periksa Elemen".
elemen-formulir

3. Meng-copy elemen formulir
Setelah keluar elements form-nya (bisa di bawah atau disamping tergantung browser Anda), klik kanan pada tulisan "ss-form" dan plih "Edit to HTML"

ss-form

4. Copy semua HTML pada "ss-form" tersebut dengan cara di sort semua atau CTRL + A dan klik kanan "Salin" atau CTRL + C.

copy-elemen-ss-form

5. Paste-kan ke Notepad , Dreamweaver atau tool serupa yang biasa Anda gunakan untuk mengolah HTML atau php.

Sebenarnya copy-an "ss-form" ini sudah bisa langsung kita tempelkan atau paste kan ke halaman yang telah kita siapkan untuk memasang formulir ini, namun tentu saja tampilannya masih sangat sederhana, dan .... "Tombol Post / Submit" masih akan mengarah ke google formulir aslinya yaitu form response.
form-response


6. Silahkan buat form tampilan yang menarik menurut selera Anda dengan menggunakan copy-an "ss-form" tersebut, baru kemudian Anda pasangkan di halaman khusus yang telah Anda persiapkan.

Untuk sementara, mas rudy akan menulis sampai bagian ini saja terlebih dahulu, silahkan di praktekkan, dan tulisan mas rudy selanjutnya adalah membuat redirect untuk mengalihkan form response.

Hasil / demo dari formulir yang telah dibuat tadi dapat dilihat di sini.

Terima kasih.
0 Komentar untuk "MEMASANG FORM GOOGLE DI BLOG TANPA IFRAME"

Back To Top