FACEBOOK

Duplikat Konten Produk pada Ecommerce, Bolehkah ?

Toko online sudah barang tentu berisi produk dan produk, dan ketika kita menambah produk baru tentu saja deskripsi dan uraian tentang produk akan cenderung "duplikat konten" dengan website lain (bukan internal konten) atau bahkan dengan situs produsen produk yang kita jual tersebut. Apakah ini bermasalah ?

duplikat-konten-produk-ecommerce-toko-online

Banyak pemilik blog yang khawatir dengan konten artikel akan duplikat konten ketika menulis sebuah artikel, namun ketika menambah produk pada toko onlinenya, tidak lagi khawatir akan terjadi duplikat konten produk, aneh bukan ?

Uraian produk sudah barang tentu akan selalu menyerupai atau bahkan sama persis dengan ecommerce lain yang menjual produk yang sama, karena saat mengisi informasi tentang sebuah produk tentu harus mengacu pada detil informasi  produk tersebut.

Asumsi Mas Rudy

Baik produk maupun artikel lain jika tergolong duplikat konten tetap saja berpengaruh bagi SERP, namun search engine seperti google tentu saja tidak serta merta akan mem-finalti. Kemungkinan besar akan mengkategorikannya pada sesuatu, seringkali kita terlalu paranoid atau membesar-besarkan hal ini, jadi sebaiknya tidak usah terlalu cemas akan hal ini, fokuslah pada targetnya. (bagaimana menurut Anda ?)

Beberapa Hal Yang sebaiknya dilakukan

Namun bagaimanapun akan lebih baik jika kita menghindari adanya kemungkinan resiko duplikat konten produk pada eCommerce (toko online). Dan beberapa hal ini yang bisa dan biasa mas rudy lakukan di beberapa toko online mas rudy, misalnya Gapteker.

Gaya Penulisan Yang Berbeda

Jalan yang terbaik, tentu saja dengan "berkreasi" dengan uraian produk yang kita tambahkan tersebut dengan gaya penulisan kita agar tidak sama persis namun tidak merubah definisi utama dan detil sebuah produk, dan itupun akan tetap memiliki kemiripan 20% - 80%.

Gambar Yang Berbeda

Kreasi lain yang bisa dilakukan adalah dengan meggunakan gambar yang unik, dalam hal ini misalnya:
  • Gambar yang memang berbeda, misalnya hasil foto yang kita buat sendiri atau penambahan watermark,
    Catatan : watermark memiliki banyak manfaat, selain menjadi unik juga melindungi gambar kita.
  • Ukuran yang berbeda,
  • Nama file gambar,
  • Penggunaan alt dan title gambar yang tidak sama
  • atau cara lainnya.

Membuat Blog Untuk eCommerce

Cara lain untuk mengurangi full diplikat konten adalah dengan membuat blog untuk eCommerce, bisa menggunakan modul / pluggins jika menggunakan CMS atau di subdomain yang kemudian ditampilkan lagi pada bagian tertentu web toko online.

Jika menggunakan modul, maka tergantung platform yang akan digunakan dan sekarang sudah banyak sekali modul blog pada hampir semua jenis platform, baik yang berbayar maupun gratis.

Dengan blog pada eCommerce maka update artikel akan lebih rutin dan bisa dibuat unik dan tentu ini sangat baik untuk SERP.

Tentu saja, penulisan artikel harus mempertimbangkan :

  1. Penulisan judul yang unik
  2. url yang tepat (SEO URL)
  3. Artikel yang mendukung, bukan justru menambah internal duplikat konten antara blog dan produknya.
  4. dan lain sebagainya.


0 Komentar untuk "Duplikat Konten Produk pada Ecommerce, Bolehkah ?"

Back To Top