FACEBOOK

Cara Mengambil URL dari Hyperlink Excell

Kali ini mas rudy ingin membahas cara mengambil url dari hyperlink pada excell untuk data dalam jumlah banyak dan dilakukan secara cepat (sekaligus).

Seringkali dalam pekerjaan atau aktifitas kita menggunakan Excell kita menemukan data yang memiliki URL yang ditampilkan pada hyperlink. Saat tidak memerlukan url hyperlink tersebut dan hanya memerlukan data text saja maka kita bisa dengan mudah menggunakan copy dan paste value sehingga data kita bersih dari URL, namun pada saat tertentu kadang kita juga memerlukan URL tersebut namun tidak pada hyperlink dan akan kita tempatkan pada kolom tersendiri.

Sangat mudah jika data kita hanya berjumlah sedikit, kita cukup klik kanan pada text yang mengandung url tersebut dan kita akan menemukan URL nya, akan tetapi jika kita memiliki daftar (list) data yang banyak maka cara diatas akan memerlukan waktu yang sangat lama jika dilakukan satu persatu.

Berikut ini cara mengambil URL dari hyperlink :
1. Buka list ms excell yang akan di kerjakan,
2. Buka VBA (Tekan Alt+F11)
3. Buat module baru (Insert > Module)
4. Copy and Paste kode berikut :
Sub ExtractHL()
    Dim HL As Hyperlink
    For Each HL In ActiveSheet.Hyperlinks
        HL.Range.Offset(0, 1).Value = HL.Address
    Next
End Sub
5. Simpan dan keluar dari VBA (Tekan Alt+Q)
6. Pada kolom yang akan diisi URL copy code berikut "=ExtractHL(A1)", Note : A1 adalah kolom sumber text yang memiliki hyperlink.

Atau bisa juga dengan mengggunakan kode VBA berikut ini dengan prosedur sama dengan cara di atas :
Function GetURL(rng As Range) As String
    On Error Resume Next
    GetURL = rng.Hyperlinks(1).Address
End Function
Sedangkan kolom yang akan diisi URL copy code berikut "=GetURL(A1)", Note : A1 adalah kolom sumber text yang memiliki hyperlink.


Tag : Tips-Lainnya
1 Komentar untuk "Cara Mengambil URL dari Hyperlink Excell"

very informative blog. Helps to gain knowledge about new concepts and techniques. Thanks for posting information in this blog
SEO Training in Chennai

Back To Top