FACEBOOK

Modul RSS Feed Opencart 2.x (Feature, Latest, dan Special Product)

Baru-baru ini mas rudy membuat modul RSS Feed Opencart atas permintaan kolega yang ingin menampilkan product feed yang menggunakan CMS opencart untuk ditampilkan pada website berbasis Wordpress, atau singkatnya ingin menampilkan toko onlinenya yang menggunakan opencart di websitenya yang menggunakan wordpress.

Solusi yang mas rudy tawarkan tentu saja menggunakan woocommerce, namun ternyata produk di toko onlinenya telah berjalan dan berisi banyak sekali produk, sehingga bersikeras untuk mempertahankannya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa diambil, misalnya :
1. Menggunakan plugins Wordpress yang membaca langsung pada database opencart, atau
2. Membuat modul rss feed pada opencart untuk dibaca di wordpress.

Awalnya mas rudy berencana menggunakan cara yang pertama, yaitu membuat plugins wordpress yang membaca langsung pada database opencart, namun setelah mas rudy pertimbangkan lagi, plugins ini terbatas penggunaannya pada hal tersebut saja. Akhirnya mas rudy memutuskan untuk membuat modul rss feed opencart sehingga bisa memiliki fungsi yang lebih luas dan bisa ditampilkan pada website berbasi framework lainnya (tidak terbatas pada wordpress saja), misalnya pada blog berbasis blogspot seperti blog mas rudy ini.

Modul RSS Feed ini tentu juga bermanfaat untuk toko onlne yang menggunakan opencart dan lebih mudah dalam pembuatannya, mengingat Opencart 2.x telah dilengkapi OCMod sehingga cukup membuat satu file ocmod dengan ekstensi xml saja sudah bisa membuat rss feed.

Tentang OCmod nya opencart 2.x pernah mas rudy bahas pada artikel "Cara Menambah Menu pada Admin Opencart 2.x" yang merupakan pengembangan dari VQmod yang digunakan pada opencart 1.

Modul RSS Feed Opencart yang mas rudy buat masih sangat sederhana dan belum diatur panjang dan lebarnya secara mendetail karena membuatnya juga sambil diselingi main game (hahahaha) yang lebih mengasikkan dibandingkan berkutat dengan coding-codingan.

Modul RSS Feed opencart ini rupanya langsung digunakan begitu mas rudy serahkan dan bisa dilihat di sini.
1. Pada toko online-nya yang berbasis opencart :
Catatan : Sekali lagi tampilannya masih sangat sederhana dan tidak teratur karena membuatnya tidak terlalu fokus.

2. Pada website wordpress-nya  : Gapteker dan hanya ditampilkan judul saja (sidebar kiri bawah, tanpa gambar, deskripsi maupun tanggalnya).


1 Komentar untuk "Modul RSS Feed Opencart 2.x (Feature, Latest, dan Special Product)"

its really very nice to know about your article and its really very purposeful statement. thanks for sharing. keep updating.
Digital Marketing Training in Chennai

Back To Top